Artikel ini aku buat karena ada satu sahabat blog IsmailMz yang menanyakan tentang alasan mengapa kuliah sampai PhD, alias S3, ditulisa...

Alasan Mengapa Kamu Harus Sekolah Sampai PhD

Phd Student



Artikel ini aku buat karena ada satu sahabat blog IsmailMz yang menanyakan tentang alasan mengapa kuliah sampai PhD, alias S3, ditulisan ku yang ini: Beberapa Pertimbangan sebelum Kuliah PhD Gratis




Di halaman artikel itu, aku juga sempat jawab dan jelasin alasanku mengapa aku memilih kuliah sampai ke jenjang S3. Bukan pertimbangan yang singkat, bahkan ketika aku sudah mulai menjalani program S3 ku, tantangan untuk memotivasi diripun terkadang juga berkurang. Nah, ditulisanku itu, aku jawabnya begini nih:




Jadi karena komen dan pertanyaan ini lah aku membuat tulisan khusus yang akan menjelaskan beberapa alasan general mengapa kamu harus sekolah sampai S3. Seperti yang sudah dituliskan juga oleh seorang penulis artikel untuk kategori PostGraduate Articles, Lucinda Borrell, bahwa menjadi seorang mahasiswa atau memilih menjadi seorang mahasiswa S3 adalah sebuah perjalanan hidup yang penuh tantangan, butuh keberanian untuk tetap bisa survive, dan sebuah pilihan hidup yang cukup panjang di dunia akademik. Jelas dong ya, kehidupan seorang mahasiswa PhD itu hingga mendapat gelarnya bisa mencapai 3 - 7 tahun. Well, normalnya di kebanyak negara, jenjang penyelesaian S3 itu 3 tahun, tapi negara-negara seperti Korea, China, dan beberapa kampus di Jepang dan Jerman untuk program studi Engineering, program PhD biasa ditempuh paling cepat 4 atau 5 tahun. Itu normal loh. Bahkan ada dan sebenarnya cukup banyak yang sampai 7 tahun. Lebih panjang dari masa kuliah zaman S1 kan? atau bahkan kalau memang harus molor, bisa jadi sama dengan atau bahkan lebih lama dengan zaman sekolah SD kamu. So, if you come to this decision, you have to make sure that PhD is something that you really want. Not because somebody pushes you to do so. It might be really so damn hard if you know that PhD/research is not your passion!

Oleh karena itu, kalau kita kuliah S3 di Luar Negeri, kita tuh justru dibayar, bukan kita yang bayar kuliah (walau dibayar murah ya muehehe). Well, kind of dapat bayaran dueh. Let's say, kehidupanku di Korea yang sekarang, sebagai mahasiswa PhD di Computer Engineering Department. Aku kuliah ikut Lab seorang professor di Kampus Kwangwoon University. Aku melakukan research, publikasi, dan belajar di kampus (tepatnya di Lab) yang memiliki funding. I don't think I want to do such job if I don't get any funds. Karena berat kerjaannya. Jadi, secara financial, memang ketika kita masih seorang mahasiswa, ya kita itu ibara kuli murahnya Lab-lab. hehehehe.. demi sebuah degree kok ya mau banget tersiksa hidup, gitu kan yak? Tapi itu tadilah yang namanya passion, ada satu hal yang gak tau gimana jelasinnya mengapa banyak orang sangat mengidamkan kehidupan seperti ini. You cannot say NO if you passionate on it. Really!!!! Jadi kalau kamu memang benar-benar ingin menikmati hidup yang penuh tantangan begini, then you should do it for the right reasons.....

1) Kamu ingin bekerja dan menjadi seorang expert pada bidang penelitian tertentu

Aku kok masih percaya, kebanyakan orang yang memutuskan untuk kuliah S3 adalah karena mereka ingin bekerja pada spesifik bidang tertentu dan expert dibidangnya. Alasan ini masih mejadi alasan terkuatku mengapa aku juga masih pingin lanjut kuliah. Banyak mahasiswa PhD yang masih betah berlama-lama di bangku kuliah ya karena mereka memiliki passion untuk meneliti. Meneliti dibidang-bidang tertentu dan mereka ingin menghabiskan waktu mereka hanya untuk meneliti bidang itu. Mereka bahkan mungkin percaya bahwa mereka akan menemukan sesuatu jika mereka terus-menerus melakukan penelitiannya.

Kesimpulannya adalah, bahwa satu hal yang paling membahagiakan dalam hidup seorang mahasiswa PhD ketika mereka pada akhirnya bisa melakukan penelitian mereka sendiri dan menghasilkan sebuah penelitian atau teori baru yang memang memiliki manfaat atau impact yang besar bagi kehidupan orang banyak. Inilah salah satu bentuk kontribusi mereka sebagai seorang peneliti. Jika pekerjaan mereka bener-bener menarik, banyak orang baik peneliti-peneliti di lingkungan akademik maupun institusi penelitian lainnya bahkan akan tertarik juga untuk mengetahui penelitiannya. Dan ini menjadi hal yang sangat membanggakan bagi diri seorang mahasiswa di sepanjang karir PhD nya. Yeaah.. I will definitely say so.

2) Untuk Log-term karir

Beberapa mahasiswa PhD juga mendambakan sebuah karir yang panjang begitu mereka bisa memiliki gelar S3. Jelas dong, mereka sudah bekerja begitu lama untuk sebuah karir yang lebih baik. Jadi jangan disalahkan juga jika kebanyakan mahasiswa S3 memeiliki harapan jenjang karir yang memang sangat tinggi. Setinggi langit di surga. Tapi, percayalah, kebanyakan dari mereka memang sudah benar-benar merasakan dan sangat berpengalaman dengan banyak hal yang menantang untuk sebuah karir di dunia pekerjaan. Walaupun tidak semua mahasiswa PhD berharap bisa bekerja dibidang yang sama dengan bidang penelitian mereka waktu PhD, namun dengan gelar PhD mereka bisa memiliki banyak pilihan karir yang baik dan panjang.

3) Untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan menantang ilmu pengetahuanmu

Beberapa juga berpendapat bahwa menjadi seorang PhD artinya memiliki wawasan dan pengetahuan yang jauh lebih matang dan luas dari kebanyakan orang yang tidak. Ini cukup bisa dipercayai sih kalau menurutku, karena memang mahasiswa PhD secara natural dibentuk untuk mengetahui sesuatu hal yang lebih dalam dan spesifik. Namun perlu menjadi catatan, seorang PhD Kimia tidak akan tau banyak tentang dunia Komputer misalnya, karena mereka bukan belajar dan meneliti di bidang ilmu komputer. Tapi tanyalah mereka di bidang mereka, engkau akan terkesima!!!!

4) Kenikmatan mempelajari satu bidang tertentu

Hmmm... yang satu ini aku kira sangat jelas adanya hehehe.. Hidup kalau tidak bahagia ya susah ngejalaninya. Jadi jika kamu memang berniat untuk lanjut kuliah di dunia PhD, pikirkanlah bahwa kamu memang akan senang melakukan pekerjaan dan penelitianmu. Ini menjadi poin yang sangat penting bagi seorang insah PhD.... #tsssaah... Karena kamu akan memiliki kehidupan yang intense dan mungkin cukup monoton selama 3 - 7 tahun kedepan. Tanpa passion dan kesenangan dalam melakukan pekerjaanmu, kamu akan merasa cukup berat dan ngedumeul jaban hari... hehe

5) Kamu senang dunia akademik

Dari semua alasan di atas, satu yang pasti dari seorang mahasiswa PhD adalah karena mereka memang senang dunia akademik. Well, dunia akademik itu bisa saja karena penelitian, belajar dan kemudian mengjarkan ilmunya, dan juga berkontribusi dan berbagi ke banyak orang. Ini menjadi ajang untuk mendemosntrasikan kemampuan intelektual para teman-teman PhD. Jadi, jika kamu senang di dunia akademik, mulailah jajaki, kamu tuh senangnya di bidang akademik yang mana, senang di penelitian apa, dan kedepannya kamu ingin menjadi expert apa. Empat hal yang aku sebut sebelumnya, semua berfondasi dari alasan ini, karena mereka senang dunia akdemik.

Bagi kamu yang sendang mikir-mikir untuk lanjut studi ke program PhD atau tidak, silahkan baca juga tulisan ku yang lain ya: Cerita Perburuan PhD Gratis, Several Things You Should Know about How To Publish a Publication, dan What Should We Do in the Very First Minute of the Day Activities?



0 comments:

Thank you for visiting my page. If you want to leave your track, please being a clever tracker and do not leave this page with any violent content.

Cheers