Hari ini adalah hari terakhir untuk tahun 2015. Masih tanggal 31 Desember sih. Tapi malam tadi kami (red: Lab Mates) uda ngerayain atau p...

IPSL Happy New Year 2016 Party




Hari ini adalah hari terakhir untuk tahun 2015. Masih tanggal 31 Desember sih. Tapi malam tadi kami (red: Lab Mates) uda ngerayain atau pesta Tahun Baru 2016. Mengapa? Alasannya karena sepertinya kami gak ingin merayakan tahun baru setelah 2016 masuk. Tanggal 1 Januari 2016 jatuh di hari Jumat. Dan itu pasti libur. Sabtu karena kecepit, dipastikan juga akan libur. Dan takkan ada kesempatan lain untuk pesta-pesta tahun baruan yang memang uda tradisi Lab. Well, kenapa gak besok? Justru aku sih seneng gak besok. Karena di malam tahun baruan aku bisa jalan-jalan. haha.

Tahun baru ini adalah tahun baru ke-3 untukku di Korea. Gak terasa. Aku menghabiskan waktu kurang lebih 2.5 tahun untuk sekolah S2. Untungnya sih aku kuliah gak pake uang Negara RI. Jadi, masih ada untungnya. Keuntungan lainnya adalah, aku bisa punya lebih banyak waktu untuk menghasilkan beberapa publikasi dalam waktu 6 bulan terakhir di kuliah S2 ku. Yeaah, aku rugi di sisi lain. Yaitu waktu.

Gambar beberapa IPSL member. Lainnya uda pulang duluan. Dan aku masih dekil sebelum dan setelah tiba di Korea haha


Seperti biasa setiap tahunnya, pesta kita adalah makan bersama, bahagia bersama, dan game berasama. Waktunya untuk bersama-samalah intinya. Seperti pertama waktu aku dulu di sini, aku sama sekali gak bisa berbahasa Korea, begitu juga keadaan ku sekarang. Merugi di sisi lain. Anyways,,, ketika makan, cerita-cerita hangat kebersamaan bareng senior dan professor, juga temen-temen lab lainnya memang jadi momentum yang sangat berbeda. Di dalam lab, terkadang kita terlalu suntuk dengan riset atau kerjaan lain. Nah, waktu yang beginilah yang bener-bener kita nantikan. Game-game kecilpun dimulai sambil makan. Misalnya kayak tebak-tebakkan. Yang salah menebak harus minum alcohol satu gelas tanpa berhenti. Istilahnya satu tegukkah? well, kami nyebutnya "One Shot". Oh,, aku dapat cola-cola atau soda, seperti biasa. So no problem. Tapi tetep aja kan kebayang kalo aku salah nebak dan harus minum segelas cola-cola yang bersoda dalam seteguk. Kerongkongan ampuuunnn sakitnya.... Tapi itulah rule gamenya.. kamu salah, maka dihukum. Dan Game pun dalam bahasa korea. Jelas. Dan aku masih kayak dulu, lebih banyak diam. Kali ini lumayan menarik deng, karena aku bisa mulai ngertilah apa yang mereka bahas dan game apa yang mereka sedang mainkan.

Beberapa kali aku melihat profesorku ketawak lebar. Dan itu membahagiakanku. Apa ya? ketika kita di lab, kita tu kayak hormat banget dan minim becanda. Tapi ketika di luar, profesor memang humoris, humble, dan down to earth banget. Kelakaran-kelakaran lucu sesekali dilemparkan oleh profesor atau bahkan sesekali mahasiswa "menggodai" profesor dan itu menyenangkan, karena profesor justru membalas godaan itu dengan something yang lucu lagi. Dan suasana restoran pun pecah dengan suara ketawak kita yang menggelegar.

Selesai game dan profesorpun permisi untuk pulang duluan. Dan dari cerita artike ini, cuma satu point yang mau aku ingat. Tetep baca, sedikit lagi kok sampe ke pointnya :D. Seperti biasa di tahun-tahun baru sebelumnya. Begitu beliau pulang, kita bareng-bareng ngetik SMS dan mengirimnya ke nomer HP profesor. Isinya apa? Apa aja, yang penting something sweet untuk ngucapin tahun baruan. Aku ngetik tiga kalimat. Kata-katanya sebenarnya biasa aja, tapi itu tulus. Pesan yang ku kirim adalah:
"Happy new year, Prof. Wish you all the best. And many thank you for everything, Prof."

Tahun-tahun sebelumnya SMS ku gak pernah di balas. Iya kelesss mahasiswa baru masih ijo royo-royo mau diperhitungkan. heheh *becanda*. Tapi kali ini SMS ku dibalas. What a surprised!! Isi SMS nya masih tetep memotivasi dan meng-encourage ku untuk bener-bener bahagia selama di lab. Ini aku tulis sebagai kenang-kenanganku besok. Pesannya ini:
"I hope you would achieve what you plan next year. Be brave proactively for your own works. Guide other students."

Biasa aja ya????? heheh...
Tapi sama aku ini something yang perlu diingat. Lebay kali ya... hahah
Ah mungkin karena aku cuma terlalu bahagia, SMS ku dibalas. ^..^

Kalimat pertamanya aku Aamiin kan banget. Kalimat kedua, itu sepertinya penilaian beliau tentang aku yang kurang proactive. Communication problem dan personality ku yang agak introvert nan somewhat pemalu. Kalimat ketiga, sepertinya itu adalah saran beliau. Dan aku makin bersemangat untuk tetep belajar banyak lagi dan berbagi lagi. See, how humble he is..? Beliau bahkan gak nyuruh aku macem-macem, but help other students! We Love You Prof! and Such an honor to have another chance to study and work with you again for the coming story life. Hope we could achieve what we have planned next year. Stay healthy and be more successful.

Ya Rabb,,, Lead us as always...! ^_^

Salam Hunter and Happy New Year 2016~~~
What are your resolutions? List them all up!








7 comments:

  1. one shot cola?...makkkeee sepat2 gitu pasti tenggorokan...
    sukses buat kuliahnya ya pak? or abang ni? terserahlah dan cepat kembali ke Indonesia buat kumpul sama keluarga besar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakit bener minum cola sekali tenggak. Apalagi klo masih dingin. Jangan dicoba. Haha....
      Thank you Aisyah... doakan cepet balik ya 😆. Panggil abang aja. Mungkin kita malah seumuran pulak. 😂

      Delete
    2. perlu diklarifikasi ni...kita tak seumuran ya bang AHAHAHA...abg senior saya dikampus soalnya, untungnya tidak sempat ngajar saya :D

      Delete
  2. Semangat pak, bisa nanti sharing ilmu dan pengalamannya. ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Fadhil... semoga nanti jumpa lagi ntah dimana ya.

      Delete
  3. one shot minum minuman bersoda, wah rasanya pasti langsung bikin seger.. hhe

    ReplyDelete

Thank you for visiting my page. If you want to leave your track, please being a clever tracker and do not leave this page with any violent content.

Cheers