Wooriland Sauna dekat Kwangwoon University I know you're gonna love this story. It is my first experience to have some time at ...

Pengalaman Awkward di Jjimjilbang (Sauna) Korea


Wooriland Sauna dekat Kwangwoon University

I know you're gonna love this story. It is my first experience to have some time at Sauna in Korea or called Jjimjilbang. Jadi, yang namanya Jjimjilbang itu adalah jenis dari sauna tradisional-nya Korea. Ini bagian dari adat dan budaya mereka. Kalau kamu sering nonton drama Korea baik yang ber-genre history atau romance, kadang-kadang sauna ini diperlihatkan. Dan kamu gak akan pernah tau gimana sensasinya berada di sauna sini kalau belum mencoba. Seenggaknya itulah yang aku pikirkan. 

Well, hampir tiga tahun sudah aku tinggal di Korea, tapi baru kali ini aku bener-bener berani untuk mencoba mengunjungi satu tempat yang memang sangat common di Korea ini. Apa yang membuatku pada akhirnya berani untuk datang ke tempat ini?? Karena aku punya temen yang demen banget nginep di Sauna. Catet Nginep di sauna. 

Bukan hal yang aneh lagi kalau kamu datang ke sauna dan kemudian kamu menyaksikan banyak orang yang sedang tiduran di sana, karena memang sauna-sauna di Korea terbuka selama 24 jam. Dan harganya murah-meriah. Jadi sangat cocok bagi kamu yang doyan jalan-jalan dengan budget super-duper miring untuk mempertimbangkan sauna sebagai tempat peristirahatan kamu. Katanya si aman. Salah satu temenku dari USA pernah cerita kalau dia datang ke Seoul dia gak pernah nginep di Hotel atau di Motel atau di gosiwon lah yang katakan kamar termurah di Korea. Tapi dia selalu datang ke Jjimjilbang untuk tidur barang sehari atau dua hari. Gileeeeeh pikirku. Karena memang murah banget kalau dibandingkan harus tinggal di hotel. Di sauna, hanya dengan budget antara 6000~10.000 won, kita bisa tinggal di sauna bermalaman. Loker disediakan. Setiap pengunjung mendapat satu loker pakaian, satu loker sepatu juga, dan ku pikir memang cukup besar lah untuk seukuran tas ransel yang berisi perangkat-perangkat seorang backpacker. Selain murah dan aman, pertimbangan lainnya adalah bersih. Jelas, ini bisa dibilang "kamar mandi" umum, jadi tempatnya sudah bisa dibayangkan bersih dan harum nya seperti apa. Kita bisa lah tidur bareng dengan para pengunjung lainnya di sana atau di beberapa sauna, mereka juga menyediakan ruang tidur yang enggak anget karena suhunya yang di atur sesuai dengan suhu ruangan normal. Tambahan informasi lainnya adalah, terkadang kamu juga dapat jatah makan seperti sarapan. Kece gak sih? haha.

Okey, sebelum aku cerita pengalamanku gimana di sauna untuk pertama kali, ini aku upload kan satu video dari youtube yang menggambarkan kurang lebih samalah dengan apa yang aku rasakan. hahaha.. sileh di liat dulu, durasinya pendek kok:




Lawak gak sih?? hahahaha
Jadi jauh-jauh hari sebelum aku pada akhirnya ke sauna, aku sempet tertarik untuk nonton ini, cuma untuk ngeliat kira-kira akan seperti apa di sana nanti. Kurang lebih si sama yak. Kita datang ke kasir dulu untuk bayar dan dapat tiket masuk ke sauna. Setelah itu, kita masuk ke loker sepatu dan mengambil satu loker yang kosong, jangan lupa dikunci dan bawa kuncinya, karena kuncinya nanti akan dikasih ke salah seorang petugas di sana untuk kemudian diganti dengan kunci loker pakaian di ruangan sauna. Note: kunci loker ruangan ini "diganti" dengan kunci loker yang sama dengan loker sepatu kita. Jadi kebayang dong, klo sepatu kita hilang, berarti salahnya ada di si penjaga kunci. Aman kan?? Oh jangan lupa, tiket! Tiket juga harus dikasi si penjaga kunci tadi. Selain itu, dia juga akan ngasih pakaian ganti kita setelah kita selesai berendam di kolam-kolam anget  panas! Dan semua pakaiannya sama, seragam dengan pengunjung lainnya #grin *anak SD kelees* muehehe..

Okay. Jadi aku berdua dengan temen se-Lab ku. Aku juga sebenarnya baru tau kalau di sekitar Kwangwoon University ada Sauna juga. Dia sering tidur di lab dan kadang tidur di Sauna juga. Kali ini aku ikut dia ke Sauna, karena pingin tau. hahaha. Sampailah di loker pakaian dimana aku harus melepas semua pakaianku dan kemudian akan jalan ke lorong yang agak jauh menuju kolam pemandian. Damn pikirku. Asli, berasa malu, aneh, dan aneh banget telanjang di depan umum. Beberapa kali aku tanya ke temen, boleh gak aku koloran aja ke sana, jawabnya santai: ENGGAK! *lontong araaablaaah* Dia santai banget ngelepas satu per satu pakainnya dan steady ready berdiri di depanku tanpa malu dan tidak juga menutupi anunya. Nengok dia without one single string di badannya aku yang jadi malu sendiri. Aku bahkan masih pake koloran aja udah malu, tapi dia nungguin aku untuk buka semua. *SIAL*. Dengan muka badak, aku jadi memberanikan diri untuk yaaaah..... you know laaaaah..... Jadi apa yang kalian saksikan di youtube itu, ya begitulah kami.. hohoho... tolong mingkem klo ketawak!

Waktunya berendam!
Tapi sebelum berendam, menuju kolam-kolam nya, kan harus jalan ke lorong dulu tuh, di sana ada beberapa orang yang sedang duduk santai sambil nonton. Aiiiissshh... aku pingin kabur rasanya cepet-cepet ke pemandian. Sampai di pemandian, ya sudah, pemandangan yang sama dengan perawakanku, kami semua satu warna. Cokelat dan Hitam-hitam! HAHAH. Aneh??? YA IYALAH ANEH! Bagi orang Indonesia mungkin aneh, tapi bagi mereka Korean kagak tuh. Sudah biasa banget sepertinya. Aku kan bukan Korean kan, jadi ngerasa jadi pusat perhatian gituw. Mereka ngeliatin guweh! Mudah-mudahan bukan karena tertarik yak *na'ujubillahimindjalik*, tapi mungkin karena pembawaanku yang malu-malu kayak lemper kali. hahah. Kami sih awalnya mandi pake shower dulu pakai air yang anget terus sabunan dan gosok-gosok badan lah untuk pemanasan, kemudian baru berendam dan mecoba satu kolam ke kolam yang lainnya. Kolam yang pertama kali ku coba adalah kolam dengan suhu 34 derajat celcius, di sini asik banget. Rasanya pingin merem, refreshing banget. Sumpeh deh. Terus temen ngajak pindah ke kolam-kolam yang lebih panas, seperti 37 derajat, 39 derajat, dan 43 derajat. Anjirrrrr! Kolam yang terakhir memang ampun Panasnya. Kurang lebih sekitar 30 menitan lah kami berendam. Terus kami memutuskan untuk sudahan, dan berpakaian lengkap menuju ruang-ruang sauna. Nah, di ruangan sauna inilah aku menyaksikan manusia-manusia berumur tergeletak dan merem santai di sana. Iya sih, setelah berendam tengah malem, memang enaknya ya langsung merem sih. hohoh. Tapi aku masih penasaran sama sauna-sauna nya. Aku coba mulai dari suhu-suhu tinggi, kemudian memutuskan untuk stay agak lama di ruangan sauna yang suhurnya paling rendah! CEMEN! hahah. Panas loh itu ruangan. Klo gak kuat bisa dehidrasi. 

Sekitar jam 2 pagi, aku memutuskan untuk pulang. kurang lebih satu jam setengah sahaja saya bertahan di sana. ketepatan kita ke lokasi sauna memang agak malem, jam 12.30an malem. Karena si kawan memang berencana tidur di sauna. Aku sih di ajak, tapi emmoh! rumah dekat ginih dari saunanya. ya mending tidur di kasur empuk hahaha. busuk ati. Begitulah pengalaman aneh di Sauna pertamaku. Norak yak? biar aja lah. haha. Beberapa dokumentasi jeleknya ada nih berikut inih:

Ruangan Sauna, beberapa orang bergelempangan di sini.

Nomer kunci loker pakaian sama dengan nomer kunci loker sepatu. Catet!

Ukuran dari loker-loker pakaian di sini. Lumayan gede' kan yak? Aman lagi.

Ruangan sauna, suhu terendahnya adalah 58 derajat celcius

Ruangan sauna. Suhu tertinggi 71 derajat celcius, berasa megap-megap masuk di sini

Di dalam ruangan sauna bersuhu 58 derajat

Di dalam ruangan sauna bersuhu 58 derajat

Salah satu penampakan penunggu ruangan sauna bersuhu 58 derajat. huhahaha

5 comments:

  1. Aww gilaaa...koq bisa benar2 naked ya. Syukur dah tinggal di Ind yg ga ada budaya spt itu, ngeri kali bisa liat onderdil orang lain di obral kayak gitu.
    Btw artikelnya lucuuu, ketawa terus bacanya. Thx for sharing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. thank you uda singgah di blog ini Kakak :D

      Delete
  2. gila,,,baca sambil ketwa2..jadi kepengen cobain deh..semoga pandemi ini segera berakhir dan bisa liburan ke korea..

    ReplyDelete
  3. Liked your put up. Wonderful crafting. I felt the sauna warmth. What a deal with!  saunajournal.com

    ReplyDelete

Thank you for visiting my page. If you want to leave your track, please being a clever tracker and do not leave this page with any violent content.

Cheers