Salam...!! Kali ini kita bahas tentang proposal inisial riset. Sebelumnya kita juga uda bahas tentang recommendation letter , semoga ...

Contoh Proposal Inisial Riset



Salam...!!
Kali ini kita bahas tentang proposal inisial riset. Sebelumnya kita juga uda bahas tentang recommendation letter, semoga bisa ngasih gambaran ya gimana cara buat recommendation letternya. Semangat terus.

Nah, kalau di artikel sebelumnya yang berjudul cara memulain mencari beasiswa aku tulis bahwa proposal riset bisa jadi salah satu syarat yang diperlukan untuk memperoleh beasiswa. Tapi kebanyakan kita memang masih bingung gimana cara buat proposalnya. Apa-apa aja isinya, ditambah lagi biasanya hanya berisi 3 atau 4 halaman saja. hehe... #sebenarnya ini pertanyaanku di awal-awal dulu. kali aja mewakili pertanyaan temans sekalian.

Isi proposal riset pada dasarnya sama atau hampir sama dengan proposal penelitian yang pernah kita buat waktu kita kuliah dulu. Sebut aja isinya terdiri dari Latar belakang, tujuan, rumusan masalah, batasan masalah, dan sebagainya. Aku gak mau muluk-muluk lah bahas yang ini ya, karena aku yakin diantara kita pasti udah pernah buat proposal penelitian. Sewaktu skripsi atau tugas akhir kuliah, atau ketika kita mulai thesis. Teknisnya sama dengan proposal itu, hanya saja yang ini kita harus buat sesingkat mungkin tapi jelas dan padat. Jadi profesor atau orang lain yang membacanya tidak perlu membutuhkan waktu yang lama hanya untuk membaca proposal kita.

Noted: tulisan yang aku buat yang berkaitan dengan berburu beasiswa ini adalah untuk kita ngejer beasiswa Graduate degree atau lebih spesifik lagi untu Master Degree (S2). Teman-teman yang sedang nyari beasiswa S1 mungkin bisa menyesuaikan aja ya atau silahkan research sendiri di google tentang syarat dan kebutuhan yang memang diperlukan.

Dan berikut ini adalah contoh proposal yang pernah aku buat:
Contoh 1
Contoh 2

Mudah-mudahan bisa membantu sedikit ya...

2 comments:

  1. Assalamu'alaikum. Bang, perkenalkan saya Zulfansyah asal Binjai. Mohon maaf kalau saya agak lancang, tapi in this occasion I really need your hand to give me some informations. But, I can't discuss on this site. Could you please give me your email or whatsapp? If you don't mind. Thank you and sorry for this kinda impolite.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Mas Zulfansyah. Silahkan langsung klik menu Contact me ya mas, nanti saya bantu di sana. Menu itu langsung linked ke email saya mas :)

      Delete

Thank you for visiting my page. If you want to leave your track, please being a clever tracker and do not leave this page with any violent content.

Cheers