sumber gambar: Genius Learning Solution Nah...Ini ni materi yang seharusnya teman-teman tau setelah Mengenal Data Spasial pada Geogr...

Konsep Analisis Spasial untuk Pengolahan Data Spasial


sumber gambar: Genius Learning Solution
Nah...Ini ni materi yang seharusnya teman-teman tau setelah Mengenal Data Spasial pada Geographic Information System (GIS).

Analisa spasial merupakan sekumpulan metoda untuk menemukan dan menggambarkan tingkatan/ pola dari sebuah fenomena spasial, sehingga dapat dimengerti dengan lebih baik. Dengan melakukan analisis spasial, diharapkan muncul infomasi baru yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang yang dikaji. Metoda yang digunakan sangat bervariasi, mulai observasi visual sampai ke pemanfaatan matematika/statistik terapan (Sadahiro,2006).

Sebagai sebuah metode, analisis spasial berusaha untuk membantu perencana dalam menganalisis kondisi permasalahan berdasarkan data dari wilayah yang menjadi sasaran. Dan konsep-konsep yang paling mendasari sebuah analisis spasial adalah jarak, arah, dan hubungan. Kombinasi dari ketiganya mengenai suatu wilayah akan bervariasi sehingga membentuk perbedaan yang signifikan yang membedakan satu lokasi dengan yang lainnya. Dengan demikian jarak, arah, dan hubungan antara lokasi suatu objek dalam suatu wilayah dengan objek di wilayah yang lain akan memiliki perbedaan yang jelas. Dan ketiga hal tersebut merupakan hal yang selalu ada dalam sebuah analisis sapasial dengan tahapan-tahapan tertentu tergantung dari sudut pandang perencana dalam memandang sebuah permasalahan analisis sapasial (Cholid,2009:5).

Gambar yang terlihat di atas merupakan alur (Metode) dari proses penyelesaian analisis spasial. Metode tersebut merupakan metode yang banyak digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus spasial yang ada (Sadahiro, 2006). Kasus-kasus ini dapat berupa kasus: Petroleum pipeline routing, Determining the best location for an LNG plant, Designing and building structures of pipeline routing, Optimizing placement of biorefineries, Petroleum exploration play risk, Least-cost pipeline routing design, dan lain sebagainya.

Pendapat serupa yang juga dijelaskan oleh Mike Morton (Chevron ETC - Earth Sciences - New Venture) menerangkan langkah-langkah dalam mengolah dan menganailsa data-data spasial.


=======================
Daftar Pustaka
  • Cholid, Sofyan. Sistem Informasi Geografis: Suatu Pengantar. Bogor: Staff Akademik Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI. 2009.
  • Sadahiro, Yukio. Course #716-26 Advanced Urban Analysis E. Lecture Title: - Spatial Analysis using GIS – Associate professor of the Department of Urban. Japan: Engineering, University of Tokyo. 2006.
  • Prahasta, Eddy. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS, Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Jakarta: Informatika. 2009.
  • Morton, Mike. Geography Matters (Global Townhall Series on GIS and Spatial Analysis. Presentasi untuk ETC Technical Computing GIS Chevron dan Spatial Analysis Chevron Team. 2010
  • ArcGIS 9.3 Desktop Help by ESRI dan Spatial Analist ArcGIS 9.3 Tutorial by ESRI
  • Lectures. GIS Education Solution from ESRI, CARTOGRAPHY WITH ARCGIS. United State of America: ESRI. 2003-2004

3 comments:

  1. Dear Mas Ismail,

    Saya mahasiswa magister. Saya tertarik memperdalami ilmu analisis spasial. Bisakah saya dikirimkan materi dari 6 sumber daftar pustaka yang ada didalam tulisan diatas?

    ReplyDelete
  2. thanks buat sharing nya Mas Ismail

    ReplyDelete

Thank you for visiting my page. If you want to leave your track, please being a clever tracker and do not leave this page with any violent content.

Cheers