Korea Selatan adalah salah satu negara yang memiliki level penelitian global yang sudah diakui di dunia. Perkembangan penelitian di Kore...

Perkembangan Sains dan Teknologi di Korea



Korea Selatan adalah salah satu negara yang memiliki level penelitian global yang sudah diakui di dunia. Perkembangan penelitian di Korea dimulai dari tahun 1960an, dimana negara ini waktu itu masih dianggap “miskin” dan banyak melakukan imitasi. Dan sejak saat itu, Korea terus meningkatkan kualitas-kualitas penelitiannya. Hingga sekarang, Korea sudah menjadi contoh bagi banyak negara berkembang. Bahkan menjadi salah satu negara destinasi dengan jumlah mahasiswa asing yang cukup banyak. Per April 2017, ada sekitar 124,000 mahasiswa asing dari manca negara yang tersebar ke 43 universitas negeri dan sekitar 180-an universitas-universitas swasta. Hal ini menunjukkan bahwa Korea selatan telah menjadi destinasi Pendidikan popular dan rumah bagi para pecinta ilmu pengetahuan dan teknologi.

http://www.koreaherald.com

Korea sekarang sudah memiliki kekuatan Research & Development (R&D) yang sangat mumpuni. Bahkan hampir disemua bidang ilmu dan disiplin ilmu, khususnya untuk bidang-bidang IT, komunikasi, transportasi, dan civil engineering. Hal ini juga didukung oleh keterbukaan dan keseriusan pemerintah Korea sendiri yang secara massive memberikan investasi pada pusat-pusat R&D di Korea, termasuklah diantaranya pusat penelitian yang berdiri di kampus-kampus. Dukungan investasi pemerintah Korea bisa dilihat dengan berdirinya Lembaga atau institusi Basic Research: Ministry of Science, ICT and Future Planning, National Research Foundation of Korea, Institute for Basic Science, the INNOPOLIS, dan lain sebagainya. Dari Lembaga-lembaga penelitian ini, Korea telah banyak menghasilkan produk-produk penelitian yang penggunaannya diperuntukkan bagi negara Korea sendiri. Beberapa produk juga sudah berkali-kali diexport ke negara lain. Kreativitias, kebebasan meneliti, dan lahirnya start up atau transfer teknologi juga terus berkembang hingga saat ini. 

Dari sini, masihkah kamu meragukan Korea Selatan? Oh iya tentu, jika dibandingkan dengan negara-negara di benua Eropa dan Amerika, mungkin Korea bukan jadi destinasi menarik. Apalagi jika good readers sempat pernah mendengar bagaimana culture study-nya Korea. Tapi, bagi kamu yang haus dan lapar dengan ilmu dan pengalaman, khususnya dibidang-bidang ilmu yang aku sebutin tadi, aku sih yakin, Korea Selatan akan sangat cocok untuk dijadikan destinasi studi. Aku lanjut sedikit lagi yak beberapa hal lain tentang perkembangan sains dan teknologi di Korea.


Apakah kamu tahu bahwa:
  1. Pada tahun 2011, Korea Selatan berinvestasi sebesar 0.73% dari total GDP nya untuk pengembangan Lembaga-lembaga Basic Research, dan menempatkan Korea mejadi negara dengan jumlah penelitian terbesar ke-2 di dunia setelah Switzerland dengan 0.77% nilai investasi
  • Korea menduduki ranking ke-9 pada daftar Gross Domestic Expenditure on Research and Development (GERD) per kapita populasi
  1. Korea memiliki patent yang diakui dunia luas dengan urutan ke-3 di dunia dengan jumlah patent 640,412 patent
  • Kemudian, Korea terus meningkatkan nilai investasinya sebanyak 4% untuk research dan development negara ini, dan berhasil menduduki posisi ke-2 pada daftar GERD setelah Israel
  1. Graduation rate dari seluruh universitas di Korea yang berusia 24-34 tahun adalah 63% dan menjadikan Korea sebagai negara paling berpendidikan di level OECD. Hal ini sekaligus menjadikan Korea sebagai negara yang memiliki jumlah peneliti tertinggi di dunia.
Masih mau bukti yang lain?
hmmm.. please do your homework. hahaha
My point here: kalau good readers pada akhirnya memutuskan untuk studi di Korea, kamu gak perlu khawatir dengan masalah funding. Korea sudah punya skema yang menurutku sangat baik dan foreigner friendly. Itu positifnya. Tapi kalau dari segi culture, I believe everyone will need to fight their own struggles!



Lanjut ke Sub-konten lainnya:

1. Mengapa Kuliah ke Korea Selatan
2. Perkembangan Science dan Teknologi di Korea
3. Perbandingan Sistem Pendidikan Korea Selatan dan Indonesia
4. Apa Keuntungan Belajar di Korea Selatan



0 comments:

Thank you for visiting my page. If you want to leave your track, please being a clever tracker and do not leave this page with any violent content.

Cheers